Wednesday, July 7, 2010

Number 1 Rule of Life

well, di post yang satu ini, aku mau ngasih tahu ke kalian semua apa yang udah lamaaa banget aku pikirin. peraturan dalam kehidupan.

Bagi aku, ada satu aturan penting yang mesti banget aku jalanin di dunia ini.

dont do what you hate anyone to do it.

example: lo gak suka di jelek- jelek in orang, tapi lo ngejelek- jelek in orang. gak enak kan kalo lo yang ada dalam situasi mereka. gitu contohnya.

berpikir aja kalo kita sama sama manusia, jadi perasaan kita kurang lebih sama. dengan begitu sendirinya kita bakal lebih peka sama perasaan orang lain.kalo udah bisa ngerti perasaan orang lain, enak kan jadinya.

tapi ada masalah disini. kenyataanya gak semua orang hatinya sama. gara gara banyak faktor yang membentuk diri kita selama hidup. perasaan setiap orang pasti beda tergantung faktor2 itu. contoh yang palig sederhananya, anak sulung pasti beda sama anak bungsu. beda kan?

makanya, selain menempatkan diri pada situasi orang lain, kita juga perlu mengondisikan diri kita (sifat sama fisik sama mental pokoknya semuanya) seperti orang itu.

example: lo jago taekondo. dan sama temen2 kelas tekondo lo sering maen tendang2an. pas lo di sekolah, lo maen tendang2an sama ketua kelas lo yang kutu buku. kalo lo yang ditendangin sih oke oke aja. tapi kalo dia? yang jarang gerak badan? bisa bisa patah tulang kan?

soalnya kondisi fisik kalian beda. ada yang beda dari setiap orang. makanya gak bisa nyama2in kelebihan lo sama orang.

sebenernya, dalam rule ini. yang lo harus lakuin adalah nyamain kekurangan lo ke orang, tapi juga liat kekurangan dia. kelebihan lo gak usah di sama2in.

example: kalo lo gampang sakit hati, mungkin orang lain juga. kalo lo pinter, mungkin orang lain enggak.

intinya, semua kemungkinan lo pertimbangin, dan cari jalan terbaik.

example: lo gak suka dikata2in, otomatis lo gak usah ngatain orang, sekalipun orang itu biasa aja di ejek2.


huaaaaah segini dulu catetan dari aku. panjang amat ya? kalo ada yang kurang jelas karena aku agak bingung nulis pikiranku tanya aja ga papa kok. sebisa mungkin aku jawab (di komen aja ya).

No comments:

Post a Comment